Kamis, 07 Mei 2015

DASAR PEMASARAN

SIKLUS HIDUP PRODUK CITRA BODY LOTION

Analisa Produk Citra
Produk citra ini sudah ada dari tahun 1984 pertama kali mengeluarkan body lotion citra mangir . Citra hadir untuk mempercantik wanita-wanita Indonesia karena dari setiap produk nya menyangkut kecantikan pada kaum hawa, dan produk citra ini pun sangat dipercaya karena aman . Semua bahan yang digunakan  dari bahan alami Asia maka dari itu banyak sekali wanita Asia yang menggunakan produk citra ini salah satunya Indonesia. Dari situ lah produk citra body lotion ini hadir.
Yang pada awal nya hanya ada satu jenis yaitu produk body lotion dengan adanya siklus hidup produk ini citra menghadirkan beberapa jenis yang begitu luar biasa karena pada tahun 2006 citra menghadirkan sama jenisnya body lotion akan tetapi dengan banyak ekstrak nya bahan yang digunakan juga banyak varian nya seperti dari butiran mutiara, bengkoang, dan bunga teh  sampai dengan sekarang karena peminat nya sudah lumayan tinggi maka dari itu citra mengeluarkan macam macam jenis body lotion dan tidak hanya body lotion banyak jenis yang citra punya ada body wash, pelembab wajah, pembersih wajah, lulur citra dan masih banyak lagi.
Tetapi Produk Citra ini perjalanan siklus hidup nya tidak hanya berjalan mulus atau selalu berada diatas. Citra produk mengalami disetiap tahap-tahap nya seperti :
1.     Tahap pengenalan (Introduction)
2.     Tahap Pertumbuhan (Growth)
3.     Tahap Pendewasaan atau Kematangan (Menturity)
4.     Tahap Penurunan (Decline)

Dan inilah Siklus Hidup Produk Citra :

1.     TAHAP PENGENALAN (INTRODUCTION)
Memasarkan produk citra yang pertama kali diciptakan adalah Body Lotion Citra Mangir, di promosikan dengan keyakinan yang sudah menggunakan produk ini karena dari bahan-bahan alami asia dan dengan kualitas yang bagus. Citra lumayan mampu dalam menarik pelanggan atau penguna produknya. Karena kemasannya yang belum begitu menarik maka yang menggunakan produk citra ini hanya  dari kalangan tua saja.
Ciri-ciri tahap pengenalan Produk Citra
ü Pada penjualan Citra ini masih sangat rendah karena dari kemasan nya yang masih kurang menarik perhatian para kaum hawa untuk menggunakan citra body lotion.
ü Persaingan produk citra inipun masih sangat kecil karena masih banyak yang belum menggunakan body lotion citra ini.
ü Tingkat kegagalan produk citra ini masih sangat tinggi karena pada saat itu belum ada inovasi-inovasi baru yang terpikirkan oleh perusahaan untuk menciptakan produk citra yang lain.
ü Citra juga masih melakukan modivikasi pada kemasan agar terlihat lebih menarik dan bahan- bahan yang digunakan masih mengalami modivikasi untuk mendapatkan nilai jual yang baik bagi produk citra tersendri.
ü Biaya dan pemasaran Produk citra inipun masih sangat tinggi karena masih banyak yang harus di modivikasi sehingga mengeluarkan banyak modal dan produk citra ini juga masih rendah penggunan nya menyebabkan pendistibusian sangat rendah.
ü Distibusi sangat rendah karena masyrakat yg belum menggunakan atau meyakini bahwa produk citra ini yang terbaik.

2.     TAHAP PERTUMBUHAN (GROWHT)
Pada tahap pertumbuhan Produk Citra meningkatkan Kualitasnya dari Merk, Kemasan , Iklan, dan dengan menambahkan jenis di produk Citra. Mengembangakan inovasi baru seperti Body lotion dengan beberapa jenis atau ekstrak yang terbuat dari bengkoang, oleovera,butiran mutiara, dan bunga  teh atau madu, dan tidak hanya body lotion bahkan pembersih wajah, sabun, pelembab wajahnya dan bahkan hand body nya tersedia sasye yang membuat kaum hawa dan pelanggan produk citra semakin yakin dengan produk citra .

Ciri-ciri Tahap Pertumbuhan (Growht)
ü Penjualan semakin meningkat dan permintaan pelangan atau distributornya semakin meningkat.
ü Dalam mempromosikan produk citra tidak terlalu sulit dari tahap awal karena s udah memiliki banyak pelanggan  dan sudah banyak yang mengenal produk citra.
ü Banyak pesaing untuk menandingi produk citra ini dan banyak produk lain yang mengcopy salah satu produk citra.
ü Menambahkan inovasi baru membuat jenis jenis baru pada produk citra agar produk ini terus bertumbuh dan agar pesaing sulit untuk menandingi produk Citra.


Strategi pada Tahap pertumbuhan
Citra meninggkatkan kualitas produk nya dengan cara mencari bahan-bahan Alami Asia yang luar biasa ekstraknya dari yang hanya body lotion  Citra Mangir maka memunculkan inovasi baru menjadi ekstrak bengkoang, ekstrak teh, ekstrak madu, ekstrak mutiara dan masih banyak lagi.
   
§  Untuk tetap terus bertumbuh atau meningkat produk citra  mencari segmen baru  seperti mecari desaign baru pada kemasan nya dan terus mencari eksrak-ekstrak baru agar pelanggan terus bertambah dan tidak kalah dengan pesaing-pesaing lainnya.
§  Mencari distribusi baru agar penghasilan tidak monoton membuat stand Citra atau menyebar luaskan produk citra ini untuk mencapai penghasilan yang sangat tinggi bagi produk citra.
§  Dan membuat Iklan citra untuk meyakinkan kembali atau menekankan kembali kepada pelanggan bahwa produk citra tidak monoton dan berhasil menciptakan inovasi baru  dari yang hanya satu jenis esktrak body lotion hingga tahun 2006 melaunchingkan ekstrak-ekstrak baru sampai dengan sekarang.



3.     TAHAP PENDEWASAAN ATAU KEMATANGAN (MENTURITY)
Tahap ini adalah tahap yang paling lama dialami oleh setiap produk salah satu nya produk citra, dimana tahap kematangan ini adalah tahap dimana produk citra meningkat dan akan mengalami kestabilan pada produk citra ini dan mengalami tahap penurunan. Produk Citra mengalami kedewasaan yang meningkat awalnya dengan adanya inovasi baru membuat kemasan yang menarik dan cantik dan terciptanya banyak ekstrak dan menciptakan pelembap pagi siang malam dari citra, terciptanya lulur dari citra bahkan sampai yang terbaru lotion mencerahkan untuk kulit yang biasa tertutup atau untuk yang berhijab citra menciptakan dengan baik dan sangat di populerkan utuk seluruh masyarakat di Indonesia. Produk Citra juga akan mengalami tahap stabil karena sudah banyak inovasi yang citra keluarkan dan tahap ini lah terjadinya citra mengalami kejenuhan atau monoton dalam produk citra ini. Sehingga pesaing lainnya mengeluarkan produk yang lebih baru sedangkan citra masih ke produk yang lama dan belum mengeluarkan produk yang baru lagi. Dan produk citra akan mengalami penurunan dalam hasil penjualan karena yang membeli hanya berasal dari pelangganan saja. Karena  itu pelanggan mungkin juga akan jenuh dengan produk yang hanya itu itu saja maka logikanya pelanggan akan berpindah ke produk lain , disinilah produk citra akan turun drastis.
Ciri-ciri tahap kedewasaan atau kematangan
ü Tercapainya titik tertinggi pada produk citra dengan menciptakan inovasi baru yang sangat menarik bagi pelanggan sehingga produk citra mendapatkan penghasilan yang begitu luar biasa.
ü Lebih lama dari tahap lain karena mengalami titik kenaikan , titik stabil dan titik penurunan produk citra mengalami 3 titik tersebut
ü Dan terjadi pengembangan produk atau menaikan penetrasi pasar


Strategi pada Tahap Pendewasaan atau kematangan (Menturity)
§  Memodivikasi pasar atau membuat segmen yang lebih baru lagi menambahkan yang unik yang belum pernah ada produk lain menciptakannya.
§  Memodivikasi produk seperti membuat fitur yang beda dan baru produk citra body lotion mengubah bentuk botol dan kemasan nya dengan corak yang berbeda dan baru.
§  Dan mencampurkan harga dari yang termurah bahkan yang termahal sekalipun agar semua pelanggan mampu membeli nya dengan harga yang tidak jauh beda.Atau dengan mempromosikan harga yang mahal dengan membuatnya ukuran yg lebih kecil agar harga menjadi murah dan banyak peminat nya.
4.     TAHAP PENURUNAN (DECLINE)
Tahap  Penurunan adalah dimana tahap yang di penuhi rasa  jenuh oleh si pelanggan dan mungkin perusahaan juga kehabisan inovasi barunya atau mulai lemah dalam memasarkan produknya seperti produk citra ini . Karena ada nya pesaing pesaing hebat maka produk citra akan menurun, banyak pelanggan yang berpindah alih memakai produk lain yang lebih baru mungkin sehingga produk di posisi tahap Decline. Dan terjadinya juga kekalahan dalam bersaing sehingga produk tidak lagi sejaya dulu,Dan karena kebijakan perusahan juga ingin mempertahankan produk ini atau membangkitkan dan bahkan meninggalkan produk citra ini dengan produk yang baru.
Ciri-ciri tahap penurunan (Decline)
ü Tahap perubahan selera ini terjadi nya karena ada pesaing yang mengeluarkan produk lebih dari produk citra.
ü Kegiatan pesaing pun sedang berada di fase tahap ke 2 atau 3 karena produk citra lebih awal melewati tahap tersebut maka produk lain meluncur lebih tinggi di banding produk citra yang sedang mengalami tahap penurunan.
ü Kebijakan perusaan untuk mengambil keputusan apakah produk citra terus dikembangkan , di tingkatkan atau mungkin akan di tinggalkan.
Strategi Tahap Penurunan (decline)
§  Jika produk ingin terus berada di tahap 3 maka perusahaan yang menciptakan produk ini terus berusaha untuk menciptakan inovasi lain agar tidak kalah dengan pesaing lain nya.
§  Jika hanya menjalankan terus pada tahap ini maka tinggalkan produk ini dan buat produk lain .










Tidak ada komentar:

Posting Komentar