SIKLUS HIDUP PRODUK
CITRA BODY LOTION
Analisa Produk Citra
Produk citra
ini sudah ada dari tahun 1984 pertama kali mengeluarkan body lotion citra
mangir . Citra hadir untuk mempercantik wanita-wanita Indonesia karena dari
setiap produk nya menyangkut kecantikan pada kaum hawa, dan produk citra ini
pun sangat dipercaya karena aman . Semua bahan yang digunakan dari bahan alami Asia maka dari itu banyak
sekali wanita Asia yang menggunakan produk citra ini salah satunya Indonesia.
Dari situ lah produk citra body lotion ini hadir.
Yang pada
awal nya hanya ada satu jenis yaitu produk body lotion dengan adanya siklus
hidup produk ini citra menghadirkan beberapa jenis yang begitu luar biasa
karena pada tahun 2006 citra menghadirkan sama jenisnya body lotion akan tetapi
dengan banyak ekstrak nya bahan yang digunakan juga banyak varian nya seperti
dari butiran mutiara, bengkoang, dan bunga teh
sampai dengan sekarang karena peminat nya sudah lumayan tinggi maka dari
itu citra mengeluarkan macam macam jenis body lotion dan tidak hanya body
lotion banyak jenis yang citra punya ada body wash, pelembab wajah, pembersih
wajah, lulur citra dan masih banyak lagi.
Tetapi
Produk Citra ini perjalanan siklus hidup nya tidak hanya berjalan mulus atau
selalu berada diatas. Citra produk mengalami disetiap tahap-tahap nya seperti :
1.
Tahap pengenalan (Introduction)
2.
Tahap Pertumbuhan (Growth)
3.
Tahap Pendewasaan atau Kematangan
(Menturity)
4.
Tahap Penurunan (Decline)
Dan inilah Siklus Hidup Produk Citra :
Dan inilah Siklus Hidup Produk Citra :
1.
TAHAP PENGENALAN (INTRODUCTION)
Memasarkan produk citra yang pertama kali diciptakan adalah Body Lotion Citra Mangir, di promosikan
dengan keyakinan yang sudah menggunakan produk ini karena dari bahan-bahan
alami asia dan dengan kualitas yang bagus. Citra lumayan mampu dalam menarik
pelanggan atau penguna produknya. Karena kemasannya yang belum begitu menarik
maka yang menggunakan produk citra ini hanya dari kalangan tua saja.
Ciri-ciri
tahap pengenalan Produk Citra
ü Pada penjualan Citra ini masih sangat
rendah karena dari kemasan nya yang masih kurang menarik perhatian para kaum
hawa untuk menggunakan citra body lotion.
ü Persaingan produk citra inipun masih
sangat kecil karena masih banyak yang belum menggunakan body lotion citra ini.
ü Tingkat kegagalan produk citra ini
masih sangat tinggi karena pada saat itu belum ada inovasi-inovasi baru yang
terpikirkan oleh perusahaan untuk menciptakan produk citra yang lain.
ü Citra juga masih melakukan modivikasi
pada kemasan agar terlihat lebih menarik dan bahan- bahan yang digunakan masih
mengalami modivikasi untuk mendapatkan nilai jual yang baik bagi produk citra
tersendri.
ü Biaya dan pemasaran Produk citra
inipun masih sangat tinggi karena masih banyak yang harus di modivikasi
sehingga mengeluarkan banyak modal dan produk citra ini juga masih rendah penggunan
nya menyebabkan pendistibusian sangat rendah.
ü Distibusi sangat rendah karena
masyrakat yg belum menggunakan atau meyakini bahwa produk citra ini yang
terbaik.
2.
TAHAP PERTUMBUHAN (GROWHT)
Pada tahap pertumbuhan
Produk Citra meningkatkan Kualitasnya dari Merk, Kemasan , Iklan, dan dengan
menambahkan jenis di produk Citra. Mengembangakan inovasi baru seperti Body
lotion dengan beberapa jenis atau ekstrak yang terbuat dari bengkoang,
oleovera,butiran mutiara, dan bunga teh atau
madu, dan tidak hanya body lotion bahkan pembersih wajah, sabun, pelembab
wajahnya dan bahkan hand body nya tersedia sasye yang membuat kaum hawa dan
pelanggan produk citra semakin yakin dengan produk citra .
Ciri-ciri Tahap Pertumbuhan (Growht)
ü Penjualan semakin meningkat dan
permintaan pelangan atau distributornya semakin meningkat.
ü Dalam mempromosikan produk citra
tidak terlalu sulit dari tahap awal karena s udah memiliki banyak
pelanggan dan sudah banyak yang mengenal
produk citra.
ü Banyak pesaing untuk menandingi
produk citra ini dan banyak produk lain yang mengcopy salah satu produk citra.
ü Menambahkan inovasi baru membuat
jenis jenis baru pada produk citra agar produk ini terus bertumbuh dan agar
pesaing sulit untuk menandingi produk Citra.
Strategi pada Tahap pertumbuhan
Citra meninggkatkan kualitas produk
nya dengan cara mencari bahan-bahan Alami Asia yang luar biasa ekstraknya dari
yang hanya body lotion Citra Mangir maka
memunculkan inovasi baru menjadi ekstrak bengkoang, ekstrak teh, ekstrak madu,
ekstrak mutiara dan masih banyak lagi.
§ Untuk tetap terus bertumbuh atau
meningkat produk citra mencari segmen
baru seperti mecari desaign baru pada
kemasan nya dan terus mencari eksrak-ekstrak baru agar pelanggan terus
bertambah dan tidak kalah dengan pesaing-pesaing lainnya.
§ Mencari distribusi baru agar
penghasilan tidak monoton membuat stand Citra atau menyebar luaskan produk
citra ini untuk mencapai penghasilan yang sangat tinggi bagi produk citra.
§ Dan membuat Iklan citra untuk
meyakinkan kembali atau menekankan kembali kepada pelanggan bahwa produk citra
tidak monoton dan berhasil menciptakan inovasi baru dari yang hanya satu jenis esktrak body
lotion hingga tahun 2006 melaunchingkan ekstrak-ekstrak baru sampai dengan
sekarang.
3.
TAHAP PENDEWASAAN ATAU KEMATANGAN
(MENTURITY)
Tahap
ini adalah tahap yang paling lama dialami oleh setiap produk salah satu nya
produk citra, dimana tahap kematangan ini adalah tahap dimana produk citra
meningkat dan akan mengalami kestabilan pada produk citra ini dan mengalami
tahap penurunan. Produk Citra mengalami kedewasaan yang meningkat awalnya
dengan adanya inovasi baru membuat kemasan yang menarik dan cantik dan
terciptanya banyak ekstrak dan menciptakan pelembap pagi siang malam dari
citra, terciptanya lulur dari citra bahkan sampai yang terbaru lotion
mencerahkan untuk kulit yang biasa tertutup atau untuk yang berhijab citra
menciptakan dengan baik dan sangat di populerkan utuk seluruh masyarakat di Indonesia.
Produk Citra juga akan mengalami tahap stabil karena sudah banyak inovasi yang
citra keluarkan dan tahap ini lah terjadinya citra mengalami kejenuhan atau
monoton dalam produk citra ini. Sehingga pesaing lainnya mengeluarkan produk
yang lebih baru sedangkan citra masih ke produk yang lama dan belum
mengeluarkan produk yang baru lagi. Dan produk citra akan mengalami penurunan
dalam hasil penjualan karena yang membeli hanya berasal dari pelangganan saja.
Karena itu pelanggan mungkin juga akan
jenuh dengan produk yang hanya itu itu saja maka logikanya pelanggan akan
berpindah ke produk lain , disinilah produk citra akan turun drastis.
Ciri-ciri tahap kedewasaan atau kematangan
ü Tercapainya titik tertinggi pada
produk citra dengan menciptakan inovasi baru yang sangat menarik bagi pelanggan
sehingga produk citra mendapatkan penghasilan yang begitu luar biasa.
ü Lebih lama dari tahap lain karena
mengalami titik kenaikan , titik stabil dan titik penurunan produk citra
mengalami 3 titik tersebut
ü Dan terjadi pengembangan produk atau
menaikan penetrasi pasar
Strategi pada Tahap
Pendewasaan atau kematangan (Menturity)
§ Memodivikasi pasar atau membuat
segmen yang lebih baru lagi menambahkan yang unik yang belum pernah ada produk
lain menciptakannya.
§ Memodivikasi produk seperti membuat
fitur yang beda dan baru produk citra body lotion mengubah bentuk botol dan
kemasan nya dengan corak yang berbeda dan baru.
§ Dan mencampurkan harga dari yang
termurah bahkan yang termahal sekalipun agar semua pelanggan mampu membeli nya
dengan harga yang tidak jauh beda.Atau dengan mempromosikan harga yang mahal
dengan membuatnya ukuran yg lebih kecil agar harga menjadi murah dan banyak
peminat nya.
4.
TAHAP PENURUNAN (DECLINE)
Tahap Penurunan adalah dimana tahap yang di penuhi
rasa jenuh oleh si pelanggan dan mungkin
perusahaan juga kehabisan inovasi barunya atau mulai lemah dalam memasarkan
produknya seperti produk citra ini . Karena ada nya pesaing pesaing hebat maka
produk citra akan menurun, banyak pelanggan yang berpindah alih memakai produk
lain yang lebih baru mungkin sehingga produk di posisi tahap Decline. Dan
terjadinya juga kekalahan dalam bersaing sehingga produk tidak lagi sejaya
dulu,Dan karena kebijakan perusahan juga ingin mempertahankan produk ini atau
membangkitkan dan bahkan meninggalkan produk citra ini dengan produk yang baru.
Ciri-ciri
tahap penurunan (Decline)
ü Tahap perubahan selera ini terjadi
nya karena ada pesaing yang mengeluarkan produk lebih dari produk citra.
ü Kegiatan pesaing pun sedang berada di
fase tahap ke 2 atau 3 karena produk citra lebih awal melewati tahap tersebut
maka produk lain meluncur lebih tinggi di banding produk citra yang sedang
mengalami tahap penurunan.
ü Kebijakan perusaan untuk mengambil
keputusan apakah produk citra terus dikembangkan , di tingkatkan atau mungkin
akan di tinggalkan.
Strategi Tahap
Penurunan (decline)
§ Jika produk ingin terus berada di
tahap 3 maka perusahaan yang menciptakan produk ini terus berusaha untuk
menciptakan inovasi lain agar tidak kalah dengan pesaing lain nya.
§ Jika hanya menjalankan terus pada
tahap ini maka tinggalkan produk ini dan buat produk lain .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar